Jumat, 08 Juni 2012

Arachnoiditis



Arachnoiditis

Arachnoiditis adalah suatu kondisi nyeri kronis yang ditandai dengan peradangan dan luka parut arakhnoid. Arakhnoid adalah
salah satu dari tiga lapisan penutup/membran, atau meninges, yang menyelubungi sumsum tulang belakang dan otak.

Ketika arakhnoid menjadi meradang karena cedera atau sakit, hal itu melekat pada sumsum tulang belakang dan akar saraf di mana mereka keluar dari sumsum tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan sakit kronis berat, di punggung
bawah (iritasi yang terus menerus, jaringan parut, dan mengikatakar sarafdan pembuluh darah). Rasa sakit pinggang sering menjalar ke kaki dan tetap ada bahkan ketika beristirahat.

Selain rasa sakit, arachnoiditis juga dapat mempengaruhi fungsi neurologis, termasuk kehilangan fungsi motor, mati rasa dan kesemutan; hilangnya fungsi kandung kemih dan usus, disfungsi seksual, dan pada kasus yang jarang terjadi, kelumpuhan.

Arachnoiditis dapat dari hasil infeksi, trauma (termasuk pembedahan, pungsi lumbal dan anestesi tulang belakang), atau dari paparan zat asing seperti pewarna radiografi berbasis minyak digunakan untuk myelograms atau dari pengenalan darah ke dalam ruang epidural dan intratekal.
Penyabab :

1. Infeksi seperti tuberkulosis, AIDS, jamur (Sistiserkosis) dan meningitis, dll

2. Pewarna yang digunakan untuk myelograms seperti pantopaque, omnipaque metrizamide
dll

3. Darah memasuki kantung tulang belakang, yaitu dari perdarahan subarachnoid,
aliran darah                 epidural, perdarahan dari antikoagulan, dll

4. operasi Spinal, sebagian besar dari sewa (diakui atau tidak diakui) dari dura dengan darah memasuki kantung (ini merupakan penyebab paling umum hari ini), SC langsung atau cedera akar saraf.

5. Iritan senyawa disuntikkan ke dalam kantung seperti salin hipertonik, fenol, methotrexate, hyaluronidase, papain, dll

6. Pengawet yang terkandung dalam beberapa obat disuntikkan ke tulang belakang seperti polietilen glikol, alkohol benzilik, para-aminobenzoic acid, dll

7. Trauma cedera ke SC atau otak dapat mengakibatkan pendarahan ke dalam, saraf kerusakan jaringan CSF atau avulsion. tusukan jarum Bahkan menyebabkan paresthesia pada akar saraf atau SC (dari peridural, anestesi spinal atau blok saraf lainnya) dapat menyebabkan ARC
(arachnoiditis)

Dalam kasus ini, arachnoiditis terjadi umumnya di daerah pinggang bagian belakang karena gerakan ke bawah pewarna dan darah setelah prosedur selesai. Arachnoiditis sulit untuk
didiagnosa.

TOPOGRAFI
Cerebral ARC dapat terjadi di Chiasm optik (biasanya dari infeksi sinus) dan di fosa posterior lateral dan tengkorak (dari infeksi telinga kronis atau parasit).

Spinal ARC mungkin muncul sebagai lokal saat berada di satu tingkat intervertebralis; berdifusi sejak infiltrasi tumor tulang belakang; jauh bila perdarahan subarachnoid di otak dapat mengakibatkan ARC tulang belakang, segmen ketika itu hadir dalam dua atau lebih tingkat terpisah, dan bersebelahan jika mencakup dua atau lebih level vertebral tulang belakang berdekatan.

equinoid equina dan sindrom cauda equina adalah lesi ringan dan sedang yang terletak pada titik distal SC benar-benar varietas ARC, serta syrinx (hilangnya sebagian besar pola normal dan pemetaan SC), syringomyelia mewakili lesi cavitary, dan pseudomeningocele terdiri dari sekunder, tipis, kantung palsu dipatuhi atau di belakang dura (biasanya mengandung beberapa akar saraf)-semua presentasi yang berbeda dari ARC.


PROSES Patologis
Ini memang penyakit yang kompleks karena pada sebagian besar pasien, ARC terjadi sebagai komplikasi iatrogenik dari baik (myelogram) diagnostik atau prosedur (laminectomy) terapeutik. Jadi, baik gejala dan temuan radiologi ditumpangkan untuk penyakit pasien yang memotivasi intervensi, membuat profil khusus untuk ARC sulit untuk menentukan, jika tidak mustahil.

Segera setelah peristiwa merugikan, suatu peradangan akut terjadi di samping dan berdekatan dengan tempat masuk, tergantung pada luas dan volume iritan dalam kaitannya dengan volume CSF dan hidrasi pasien. Tergantung pada lokasi, radiculitis mungkin manifestasi awal, dengan pembengkakan dari akar saraf yang menjadi dalam kontak lebih besar dengan agen menyinggung. Pembengkakan arakhnoid berdekatan menciptakan arachnoiditis akut dengan vaskularisasi meningkat, kongesti vena, dan hiperemi. Fase inflamasi berlangsung baik dan menjadi lebih berat dan lebih luas (terutama jika terjadi berulang-ulang penghinaan dan / atau sistem kekebalan tubuh pasien hyperreacts) atau secara bertahap mungkin mereda, terutama jika anti-inflamasi (steroid dan non-steroid) agen dikelola.

Setelah selang waktu 4 sampai 7 bulan, sindrom tersebut dapat pindah ke fase proliferasi ketika kolagen dan fibroblast muncul, secara bertahap membentuk adhesi, fibrosis dan jaringan parut yang membuat akar saraf menempel satu sama lain dan kantung meningeal, yang mungkin juga mengalami deformasi dalam cara konstriktif (obliterative arachnoiditis) ke titik menghalangi DS, sebagian campur dengan aliran normal CSF, atau melenyapkan sepenuhnya seperti di pachymeningitis.

ACARA Disfungsional
Selama proses ini, akar saraf yang terkena dampak menghasilkan impuls listrik berlebihan untuk tanduk dorsal SC, di mana sistem yang kompleks reseptor, jalur nyeri menghambat, dan koneksi neuron berada. Impuls ini berlebihan akhirnya membuat reseptor sensitif, dan dapat mengganggu relay penghambatan ke titik yang sakit ini dianggap intensitas yang lebih besar dan lebih besar, yang menciptakan suatu mekanisme makan sendiri, memperluas ke daerah sekitarnya, dan muncul untuk meningkatkan intensitas ( "angin-up" fenomena dan distribusi). Hal ini juga dapat menghasilkan kejang otot perut parah ketika akar terpengaruh. Ada bukti bahwa sistem saraf simpatik dipengaruhi, diwakili oleh berkeringat, intoleransi panas, perubahan trofik, keringat malam, demam ringan, dll

Manifestasi

Gejala bervariasi, namun rasa sakit adalah keluhan-sensasi paling sering pembakaran dominan (92%), berdenyut dan nyeri tajam
(sensasi sengatan listrik)  pada punggung bawah kaki, dan kaki,  Mati rasa dan sensasi kesemutan sering terjadi, kelemahan pada kaki, kejang otot, spasme otot, bergerak-gerak tak terkendali  sedangkan sakit kepala atipikal, penglihatan kabur dan insomnia tampaknya manifestasi sistemik. Disfungsi kandung kemih adalah lazim terutama pada wanita (inkontinensia). disfungsi rektum kurang umum, namun seksual (organik dan emosional) disfungsi yang lebih dominan. manifestasi psikologis yang sering terlihat pada pasien dengan nyeri kronik, pada pasien dengan ARC, depresi ini biasa terjadi pada sekitar 80% dari mereka sekunder putus asa, putus asa, takut kehilangan pendapatan, dan / atau perselisihan keluarga, dalam beberapa kasus menyebabkan pikiran diri -cedera.


DIAGNOSA Radiologi
teknologi saat ini memungkinkan untuk diagnosis cepat dan tepat dari lesi karakteristik ARC, khusus, MRI mendefinisikan lokasi dan luasnya intraspinal (intra dan ekstradural) patologi. akar saraf kental dan bengkak dan cauda equina dapat diidentifikasi sebagai awal satu atau dua hari setelah kejadian merugikan. akar saraf mengelompok mungkin tidak terlihat sampai bulan kemudian, menunjukkan maldistribution pemetaan biasanya teratur dari akar yang terletak di bagian paling tergantung dari kantung dural, dikelilingi oleh dan mengambang di CSF di daerah lumbar. Dalam kasus lebih buruk, cacat dari kantung dural, kepatuhan dari akar ke kantung fibrosis dinding, dan jaringan parut mungkin muncul. CAT scan mungkin menunjukkan tulang, ligamen dan kelainan otot, dan lesi intraspinal ekstradural, tetapi hanya jika didahului oleh mielografi akan struktur intradural diakui (kecuali kalsifikasi). Penulis adalah terhadap resiko myelograms tidak perlu, tetapi ketika hardware logam hadir, karena diagnosis sangat penting, metode ini mungkin harus digunakan, asalkan pewarna air berbasis disuntikkan. Hal ini mengakui bahwa jenis media kontras juga dapat menghasilkan ARC. Keahlian dari para ahli radiologi menafsirkan film sangat penting untuk mencapai diagnosis yang tepat dari ARC, dan hidrasi yang memadai dari pasien akan menjamin mengurangi konsentrasi pewarna yang digunakan.

Rencana perawatan untuk arachnoiditis tergantung pada banyak faktor, seperti tingkat keparahan disfungsi, penyakit dan rasa sakit, jenis dan lokasi rasa sakit, serta usia pasien, kondisi medis yang sedang berlangsung, dan kemampuan untuk mentoleransi terapi medis lainnya. Dokter akan mengambil semua faktor ini menjadi pertimbangan ketika menetapkan rencana pengobatan.

PENGOBATAN
Sayangnya, tidak ada obat untuk arachnoiditis. Pada fase akut inflamasi ARC, administrasi kortikosteroid sistemik dan intraspinal dapat mencegah evolusi ke tahap kronis. Nyeri dapat diobati dengan indometasin, antalgin atau ibuprofen, di samping itu, d-penicillamine dan colchicine sangat membantu. Oxybutynin biasanya membaik inkontinensia, dan sildenafil citrate telah ditunjukkan untuk memperbaiki sebagian besar kasus impotensi, namun perubahan fungsi seksual jauh lebih rumit, dengan hilangnya libido dan terutama punggung bawah dan nyeri tungkai bawah selama dan setelah hubungan seksual. relaksan otot ditunjukkan jika kejang otot parah dan tidak rentan terhadap pengobatan dengan terapi fisik dan rekondisi.

Setelah mulai fase proliferatif, intervensi dapat memperburuk mekanisme nyeri jalan; karena itu, prosedur invasif harus dipilih jika resiko / rasio imbalan yang menguntungkan. steroid epidural sangat membantu dalam memproduksi rasa sakit sementara dan mengurangi pembentukan fibrosis ekstradural, maka adalah infus epidural dan intratekal analgesik. stimulasi SC mengurangi rasa sakit sementara di kasus lokal (mononeuronal). Neuroplasty merupakan kontraindikasi karena membutuhkan injeksi salin hipertonik 10% dan hyaluronidase yang menghasilkan arachnoiditis.

Rincian operasi adhesi, bahkan ketika dilakukan dengan teliti di bawah mikroskop membawa resiko besar karena SC disfungsi dapat diperburuk; laminectomies, foraminotomies dan fusi tulang belakang perlu benar-benar ditunjukkan karena potensi bahaya cedera berulang kantung dural dan masuknya darah . terapi opioid jangka panjang tidak bisa dianggap enteng, terutama dengan Daftar II "slow release" olahan, konsekuensi dari ketergantungan obat tidak berwujud, tetapi sangat nyata, dengan perubahan perilaku yang serius. Obat-obat dalam Jadwal III lebih disukai.

Berbagai bahan terapeutik baru dan modalitas intervensi sedang diajukan sebagian besar untuk pengobatan simtomatik ARC, namun, terapi yang paling penting adalah pencegahan, karena kebanyakan dari kasus-kasus ini disebabkan iatrogenically. Pendidikan dokter, perawat, dan teknisi mengenai berbagai penyebab penyakit ini merupakan langkah awal yang penting, diikuti oleh informasi kepada masyarakat pada umumnya, dan untuk pasien dengan penyakit spinal secara khusus, sehingga dapat memperingatkan mereka terhadap menerima prosedur dipertanyakan efektif dalam keputusasaan untuk memiliki rasa sakit mereka lega dan untuk mendapatkan dokter yang kompeten dan bertanggung jawab dalam perawatan mereka. Setelah suatu peristiwa merugikan terjadi, tindakan cepat untuk menentukan diagnosis yang tepat dan lembaga pengobatan purba. Tidak ada tempat untuk ragu-ragu karena hanya ada jendela pendek kesempatan di mana kesempatan untuk membalikkan proses yang layak. Setelah fase proliferasi dimulai, hanya ada pengobatan simtomatik.

Secara umum, program Berbagai bahan terapeutik baru dan modalitas intervensi sedang diajukan sebagian besar untuk pengobatan simtomatik ARC, namun, terapi yang paling penting adalah pencegahan, karena kebanyakan dari kasus-kasus ini disebabkan iatrogenically standar terapi untuk rasa sakit yang terkait dengan arachnoiditis akan mengikuti kontinum pengobatan nyeri kronis, dan mungkin termasuk obat, terapi fisik, atau blok saraf. Neurostimulation juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati nyeri neuropatik

kabel stimulasi spinal dapat menjadi alternatif, implan yang efektif untuk terapi lain yang digunakan untuk mengobati nyeri kronis 1.

kesimpulan pengobatan dan Diagnosis Tentang Stimulasi Spinal Cord
Sebagai intervensi untuk punggung kronis dan / atau nyeri kaki, stimulasi saraf tulang belakang bisa menjadi alternatif yang efektif atau pengobatan tambahan pada terapi lain yang telah gagal untuk mengatasi rasa sakit pada mereka sendiri.

kabel stimulasi spinal meredakan rasa sakit dengan elektrik mengaktifkan sirkuit saraf nyeri-penghambat pada tanduk dorsal dan merangsang sensasi kesemutan (paresthesia) bahwa masker sensasi rasa sakit (kabel stimulator spinal / stimulasi spinal cord adalah perangkat yang mengirimkan sinyal listrik ke sumsum tulang belakang untuk menghilangkan nyeri)

Indikasi
Sebuah sistem neurostimulation Medtronic implan diindikasikan untuk stimulasi saraf tulang belakang (SCS) sebagai bantuan dalam pengelolaan nyeri kronis

Gagal Kembali Syndrome (FBS) atau sindrom kembali rendah atau gagal kembali
sindrom sakit Radikuler atau radikulopati mengakibatkan nyeri sekunder untuk FBSS atau
hernia diskus
sakit Postlaminectomy
Beberapa kembali operasi
Gagal operasi diskus
Penyakit degeneratif Diskus (DDD) / hernia disk nyeri refrakter terhadap terapi konservatif dan bedah
causalgia Peripheral
Epidural fibrosis
Arachnoiditis atau arachnoiditis perekat lumbal
Sindrom Sakit Daerah Kompleks (CRPS), Reflex Sympathetic Dystrophy (RSD), atau causalgia

Proses Fisioterapi

Anamnesa
Nama                         : Judy Duck (samaran)
Umur                          : 49 tahun
Jenis kelamin           : laki-laki
Agama                       : kristen
Pekerjaan                  : wiraswasta
Pendidikan               :
Hobby                                    :olah raga (sepak bola)

Kondisi umum;
Tinggi badan            : 170 cm
Berat badan              : 60 kg
Tekanan darah         : 120/80mmHg
Nadi                            : 72x/menit
Respirasi                   : 20

Riwayat penyakit dahulu
Misalnya : Telah didiagnosis memiliki Arachnoiditis sekitar 5 tahun lalu, mungkin dikarenakan dua kali gagal  operasi ulang sekitar 30 tahun yang lalu (Pasca-trauma cedera disorderback) karena cedera olah raga saat bermain sepakbola, akibatnya  tidak punya perasaan di kaki dan jari-jari kaki. Pada umur 35 operasi kembali (yang terahir untuk penyatuan (fushion) L4-L5


Riwayat penyakit sekarang
Misalnya :3 hari yang lalu Pasien datang dengan keluhan tidak bisa berdiri dan berjalan karena nyeri menjalar yang sangat hebat dari pinggang bawah sampai ke kaki selama kurang lebih dua minggu sebelumnya sering/banyak jatuh saat berjalan dan ini dikarena
Tidak ada perasaan di kaki (hilang rasa) dan juga sering buang air kecil/besar  tidak terkontrol/tidakdapat ditahan




Misalnya
Rontgen                    : perubahan/ pergeseran struktur vertebrae  L4-5 ke posterior                                                  (fraktur)

MRI                           : prolaps nucleus pulposus L4-5 

Diagnosa dokter       : LBP et causa HNP

Pemeriksaan               : nyeri (vas 9)
                                    : spasme otot-otot lumbal (+++)
           
                                    : Laseque      +++
                                      Patrick         -
                                      Bragrard      -

                                    : MMT
                                     
gerak fungsional
kanan
kiri
flexi lumbal
2
3
extensi lumbal
2
3
fleksi tungkai atas
2
3
extensi tungkai atas
2
3



List of Problem:
1.    Nyeri                                       :
2.    Spasme otot, kekakuan
3.    Muscle cramps
4.    Kelemahan otot
5.    Bladder , bowel disfunction

Diag    diagnosa fisioterapi :  
   misalnya : Gangguan mobilitas sendi, motor function, bladder-bowel fungsi,  kinerja otot, dan ROM, gait locomotion, balance, sehubungan dengan  
   misalnya : spasme dan kram otot, kelemahan otot, nyeri,  karena adanya kerusakan selaput saraf arachnoid

Planning ; jangka pendek : mengurangi nyeri, mengurangi spasme otot, mengatasi                                                            bladder – bowel
                  Jangka panjang: peningkatan kekuatan otot, berdiri, berjalan

Intervensi Fisioterapi :

1.    Hydrotherapy (relaxe, mobilitas) 1x sehari selama 30 menit, pengulangan 3 x seminggu
2.    Massage (relaxe otot, menghilangkan kekakuan) 1 x sehari selama 15 menit, 3 x seminggu dengan metode gentle friction
3.    Hot/cold  baths therapy (sirkulasi, relaxe otot) 1 x sehari selama 15 menit, 3x seminggu dengan metode intermiten suhu 60 derajat celcius
4.    TENS (arus listrik ringan yang menghasilkan panas dan berfungsi untuk menghilangkan kekakuan,  meningkatkan mobilitas, mengurangi nyeri) 1 x sehari selama15 menit, 3 seminggu, metode intermiten
5.    Mild Exercise (latihan ringan = otot tetap kuat untuk mendukung tulang punggung) Mc. Kenzie exercise 2 x sehari, masing masing gerakan 6 hitungan, selama 15 menit, 3 x seminggu
6.    Bladder, bowel exercise (meningkatkan fungsi bladder, bowel) latihan dengan pengaturan per 2 jam setiap hari kemudian meningkat dengan 4 jam perhari danseterusnya

Evaluasi
Sesaat                         : bladder per 2 jam
                                      Penurunan nyeri


Setelah 6 x terapi        : bladder per 4 jam
                                      Penurunan nyeri
                                      Peningkatan kekuatan otot
                                      Berjalan

                                      Dan seterusnya

Edukasi bagi pasien dan keluarga pencegahan aktifitasyang meningkatkan rersiko dengan menggunakan lumbar corset selama aktifitas
Melatih kekuatan otot dengan Mc. Kenzie exercise di rumah 1 x sehari




Simak
Baca secara fonetik

Kamus
Terjemahkan situs web mana pun
·Xinhua Net-China
·Gotujmy.pl-Polski
·Berlingske.dk-Denmark
·News.de-Jerman
·Los Angeles Times-Amerika Serikat
·Museo del Prado-Spanyol
·Philadelphia Inquirer-Amerika Serikat
·Louvre-Prancis
·G1 Globo-Brasil
·Vogue-Prancis
·Tom.com-China
·Venezuela Tuya-Spanyol
Lakukan banyak hal dengan Google Terjemahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner